Sekda Takalar Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19

Humas & Protokol, 15 April 2020
Dalam rangka Optimalisasi Koordinasi kegiatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Takalar, Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM pimpin secara Langsung Rapat Koordinasi yang bertempat di Ruang Rapat Setda Kab. Takalar, Rabu 15 April 2020.

Sekda mengatakan tujuan dari Rakor ini untuk menyatukan persepsi tentang apa-apa saja yang akan dilakukan baik itu sebelum wabah virus ini meluas sampai kedepannya.

Lanjut ditambahkan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 agar dilakukan pembagian masker ke masyarakat khusunya ditempat-tempat yang ramai seperti pasar.

"Kolaborasi kita dipemda sangat diharapkan untuk pemutuskan mata rantai penyebaran virus ini. Seperti untuk masyarakat yang mengalami dampak dari covid-19 terutama masyarakat yang keluarganya melakukan isolasi mandiri untuk bisa memberikan bantuan kepada warga tersebut terutama bagi warga yang keluarganya sudah positif" jelas Sekda Takalar.

Sementara itu, Plt. Dinas Kesehatan dr. Rahmawati,M.Kes.,Sp.,PA mengatakan sebagai upaya pencegahan Covid-19 telah didirikan 4 posko, akan tetapi posko ada 3 posko yang menjadi pusat perhatian yakni posko perbatasan seperti posko diperbatasan gowa-takalar, jeneponto-takalar dan makassar-takalar. Ke 3 posko inilah yang dimaksimalkan untuk bisa mencegah penyebaran Covid-19.

Dr. Rahmawati juga menjelaskan lebih jauh tentang teknis dari setiap posko di perbatasan seperti setiap kendaraan akan dilakukan penyemprotan disinfektan dan di cek suhu tubuhnya. Dan diharapkan posko yang ada dikecamatan untuk berkoordinasi dengan posko perbatasan.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Takalar AKBP. Budi Wahyono menyampaikan Terkait posko covid yang ada di perbatasan, secepatnya akan difungsikan dengan mengerahkan beberapa putugas terkait baik dari Dinas Kesehatan, TNI/Polri dan Instansi terkait.

Untuk teknisnya, Setiap pengendara baik yang menuju ke Takalar maupun yang akan keluar daerah Kab. Takalar akan diperiksa dan akan disemprot disinfektan sebagai upaya penyebaran Covid-19. Diharapkan dengan langkah ini dapat mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19 di Tanah Butta Panrannuang ku ini.

Hadir dalam Rapat tersebut Kapolres Takalar, Dandim 1426 Takalar, Kadis Perhubungan, Kadis Sosial dalam hal ini diwakili oleh kepala Bidangnya, Kepala BPBD Takalar, Kabid Trantib Satpol PP,
Kabag Kesra, Kabag Ekonomi dan Kabag Humas & Protokol Kab. Takalar.